Broadcaster

Anda Broadcaster Masa Depan

Minggu, 20 Juni 2010

menjadi seorang sutradara yang baik versi gw


Pengalaman gw saat menjadi sutrada saat mengerjakan tugas kampus sangat lah susah, apa lagi waktu pertama, tu pikiran gw kacau banget, nggak nggerti apa yang harus gw lakuin. Namanya nasib ya gw jalanin aja lah dari pada gw nggak ada kelompok buat ngerjain tugas dan dapat nilai E. Didalam perjalanan tetep aja menjadi seorang sutradara itu nggak enak , tapi saat gw merasa nggak enak di situlah ada rasa penasaran " kok untuk merintah orang susah banget yak" padahal tugas sutradara cuma memerintah telen harus kemana dan kemana. Akhirnya gw merasakan betapa senang nya memerintah orang IM BOSS hahahaha ( ketawa ala pahlawan bertopeng ). Definisi Sutradara versi gw, emm sutradara seperti nahkoda kapal, mau dibawa kemana karya yang kita sutradarai mau kekanan apa kekiri awak kapal ( crew dan telen ) hanya mengikuti saja, dan seorang nahkoda harus mempunyai kompas supaya kapal yang iya nahkodain nggak melenceng dari tujuan nya. Begitu juga dengan sutradara dia harus membawa shoot list yang telah iya buat supaya tidak melenceng dari tujuan karya itu.

1. NGGAK BOLEH EGO

Ini hal yang pertama banget gw koreksi dalam hidup gw, egois adalah sifat seseorang yang keluar saat dia kepepet ( gw banget ) misalnya saat dikejar banci. Tapi ego yang bagai mana, to kita sutrarada ya harus egois donk! kalau anda berfikir demikian nggak masalah, kita sebagai sutradara harus lah egois tapi jangan melewati batas dan norma agama. tulisan miring nggak berlaku saat menjadi sutradara. yupz kita juga harus mengerti crew kita gimana, telen yang biasanya mood - mood tan, biasanya kalau gw jadi pak sud nya saya beliin aja es crem 1 gunung capek - cpek deh lu ngemood tu es crem... Ingget tampa crew dan telen sutradara nggak ada apa - apanya.

2. JANGAN EMOSI

Ini gw banget, gw orang nya emosian jadi ada hal yang nggak gw inginin gw marah - marah ngk jelas, pada tau nggak si kalau cacing dikasi abu? nah begitulah saya kalau marah - marah, eitzzzz jangan dibayangin donk malu ni. Untuk itu disaranin yang lagi marah cepetlan mengambil air wudhu karna sebentar lagi waktu sholat, ini kalau lagi break lo... jangan marahin telen di depan crew dan sebaliknya, anda pemimpin yang harus nya mempunyai pikiran yang mateng. tampa emosi hasil yang bakal anda capai pasti baik. Crew, telen dan sutradara adalah 1 kesatuan, jadi hormati jabatan orang lain, anda akan dihormati saat anda menghormati jabatan orang lain.

3. IP NGGGAK HARUS DIATAS 3

hahahaha.. membela diri banget yak!!! tapi ini terbukti lo, nggak butuh ip yang tinggi untuk menjadi sudradara yang baik. Menjadi sutradara yang baik harus menjadi orang yang baik, harus mematuhi peraturan lalu lintas dan memiliki sim. Ini mau menjadi sutradara apa mau pembalap liar yak.... kalau mau menjadi sutradara yang baik banyak - banyak lah mencari reverensi ip nggk menentukan apa kita sutradara yang baik apa bukan.

4. PD

Jangan minder dengan hasil karya mu, semua hasil karya nggak ada yang jelek semua hasil karya bagus, orang yang menilai hasil karya orang lain jelek adalah orang yang tidak tau apa itu karya. Industri film jangan di samain dengan industri musik yang banyak dengan anti apa lah yang nggak jelas. PD lah dengan hasil karya mu dan hargai hasil karya mu.



video clip gw pertama..PD aja.....

1 komentar: